Friday, October 19, 2007

CATATA HARIAN UNIV

Silahkan baca
Hidup untuk saling membagi perjalanan.seperti air mengalir mengikuti takdir yang digariskan sang pencipta menuju kesejatian hidup yang tak akan tercerai beraikan oleh keserakahan kemunafikan dan keagungan diri.Kuasa Tuhan memberikan kekuatan demi pengabidian demi kekuasaan Tuhan yang Maha, maha segalanya tak terbatas.Biarlah duniaku hancur tetapi rohku langgeng bersama Allah di Surga.
11/98
Gandhi
Pukul 15.00 aku selsai membaca suatu jalinan rangkaian kata yang membuka pikiranku tentang kehidupan dalam kemiskinan.Kemiskinan yang membawa inspirasi perlawanan terhadap kebobrokan system dan moral.Kemiskinan sebagai kekuatan untuk meruntuhkan keserakahan.Mencari untung sendiri sesuatu sikap menguasai orang lain untuk epentingan diri.
Gandhi namanya lengkapnya Mohandas Gandhi,dengan perlawanana yang ia sebut satya graham yaitu suatu metode pembangkangan rakyat sipil tanpa kekerasan dan berdisiplin tinggi.
Manusia-manusia mati seperti membunuh binatang mereka melakukan kemanusiaan terbelenggu kebobrokan moral. Ketika langkah tersandung oleh kekuasaan yang menyayat tubuh suci beratus-ratus meninggal.Kesucian telah terinjak keinginan-keinginan diri meremukkan naluri keibuaan manusia mencari kebenaran dalam lorong-lorong gelap tanpa ujung.Inikah dunia yang tak berperikemanusiaan>Ketika Tuhan ingin memusnahkandunia kemudian teringat masih ada orang baik diantara berjuta-juta penjahat berkedok pengikut Tuhan.Ia tak jadi memusnahkan dunia.Tetapi memberi kesempatan untuk merubah wajah diri dunia.Inilah yang seringkali mencengkeram nurani menjadi tirani. Harga diri menjadi harga mait untuk merubah dunia dan kemanusiaan di seluruh bumi.

Hari ini aku tidak bisa berbuat banyak dengan kemarahan ibuku Tak berdaya melawan didikan orang tuaku keras dan tanpa kompromi.Keinginan – keinginanku yang menurutku baik dan sebaliknya menjadi suatu pemicu permasalahan dalam pertengkaran. Salah dan salah tidak ada kebenaran dimata ibuku. Aku tidak boleh bersedih, ini hal biasa.Ah biasa bagaimana ini selalu aku dapatkan kalau menurut ibuku tidak baik.
Aku menuruni lereng-lereng bukit untukmenyendiri mencari kesukaanku menggapai mimpiku yang hancur oleh kebinatanganku.Aku tadi membunuh orang yang kata orang sebagai pembela kebenaran dan keadilan tetapi dimataku sebagiai bajingan yang telah menghancurkan keluargaku. Kesengsaraan itu muncul setelah bapakku menggalkan kami sekelarga.
Aku harus bekerja keras ikut penebang-penebang tebu.Ini tak bisa kuhindari >Keluargaku yang dulu kaya raya mendadak kere.Tercaci maki tetangga yang iri terhadap keluargaku>Aku hanya bisa menangis dalm hati Kapan nasibku akan berganti roda akan berubah.Kapan- kapan ?
Memikul tebu yang sudah ditebang dan dimasukkan ke atas truk.yang akan dibawa ke Pabrik gula.Setiap kali aku merana.Kapan aku akan mengecap gula-gula itu bukan hanya pahitnya hidup.Upah tak seberapa tenaga tekuras untuk memberi hidup cukong-cukong.Buruh seperti aku tak mampu melawan Perlawanan berarti mati. Aku akan dikelarkan dari pekerjaan, jadi penganguran.
Pernah Tono gajinya dipotong mandor hanya karena kesalahan kecil. Dia tidak terima atas perlakuan itu.Ia menuntut haknya untuk mendapatkan jatah semestinya.Apa yang didapat gaji satu bulan tidak didapatkan dan ia dikeluarkan dari pekerjaan
Ah beginikah hidup,ada yang menaikkan kaki dimeja mendapatkan uang,lain dengan diriku tertindas.

Sejak peristiwa itu ayah yang golongan IIIC dituduh atasannya korupsi TAk pelak lagi ia menghindar hukuman penjara ia jalani.Hinnga suatu kali terbetik kabar ayah meninggal.Ada bekas memar dimuka dan ditengkuknya>KAta petugas ayah sakit jantung mustahil yang ngoyoworo.Selama aku hidup dengannya tak pernah kulihat ia sakit,apalagi jantung.Sulit aku menalar kejadian itu Seakan Tuhan tidak adil>Keadilan dunia itu semu.Aku marah dan marah
Kubunuh saja mandor itu>Dia salah satu yang menyengsarakan aku.Aku disuruhnya kesana kemari tanpa tugas yang jelas memangnya aku babunya.
***
Maafkan aku ibu aku ingin mengikuti jejak bapak di enjara.Aku tak bisa mendampingimuHanya penyesalan yang kudapat.Aku dipenjara 6 tahun waktu yang lama.Aku gila gila sekali mengapa koruptor – koruptor pemeras keringat rakyat bebas berkeliaran mencari kesenangan diri.Inikah dunia.
Aku berdoa semoga besok kiamat dan korutor itu tidak sempat bertobat.Biar mereka masuk mnegeri jahanam.Menikmati panasnya api neraka
Dipenjara memang dingin tapi aku merasakan kesucian kebenaran dan ketenangan hati.
24/11/08
PERJALANAN
Kukuh
Teguh
Merengkuh
Salib
Nasib
Dunia
Manusia
Rasa
Buaian
Kehidupan
Penuh kepincangan
2/12/98
KISAH KEMATIAN
Sudut kota begitu mencekam, berseakan keeping kaca di depan sebuah mall.Melongok kedalam barang barang di etalase semrawut tak karuan dan ada barang – barang dijarah.Debu – debu beterbangan mengikuti angina berhembus>Disudut lorong- lorong para pemulung mencari rongdokan besi-besi tua yang terbakar.Entah dari mana muncul serombongan anak muda yang mencari perlindungan dari kejaran para tentara.
Malam makin larut tetapi masih terdengar orang minta tolong ada seorang ibu terjebak di reruntuhan dengan dua prang anaknya yang terkulai lemas dilantai diantara reruntuhan bangunan dari kobaran api. Terlihat bagian bawah pakainya tersingkap, mengalir darah dari kaki putihnya. Orang – orang yang tadi berlarian tak menghiraukan, mereka mencari selamat sendiri –sendiri.Bunyi sirine menambah kecemasan tersendiri…..
26/11/98

NUANSA KAMARKU
Karangrejo barat Gg II No 11
Setiap aku akan masuk di depan pintu terpampang tulisan pada gabus. Free dan Don’t Disturb Me>Setelah kubuka ada lemari panjang yang berisi buku – buku dan aku menyebutnya perpustakaan pribadi

No comments: